Ruang
Lingkup Tugas dan Tanggung Jawab Seksi Porter
Porter sering juga disebut Concierge atau Uniformed Service.
Pada hakekatnya fungsi bagian ini mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama
hanya berbeda istilahnya. Pada organisasi hotel besar yang memiliki jumlah
kamar lebih dari 300 kamar dan memilki sistem pelayanan yang spesifik, maka
organisasi bagian Concierge atau Uniformed Service merupakan suatu bagian yang
berdiri sendiri sebagai sebuah departemen tersendiri. Di hotel sedang atau
hotel menengah organisasi bagian ini merupakan salah satu seksi dari Departemen
Kantor Depan. Sedangkan di hotel kecil organisasi bagian porter atau concierge
biasanya merupakan sub seksi dari seksi Penerima Tamu (Reception)
Secara garis besar, ruang lingkup dari bagian porter adalah
sebagai berikut: (1) Memberikan pelayanan penanganan barang bawaan tamu tiba,
penanganan barang pindah kamar, dan penanganan barang tamu berangkat; (2)
Memberikan pelayanan penjemputan dan pengantaran tamu dari dan ke stasiun atau
bandar udara; (3) Memberikan pelayanan penyampaian pesan tamu, informasi, dan
kunci kamar; dan (4) Melaksanakan tugas-tugas suruhan lain yang berkaitan dengan
pelayanan tamu (errand service)
Struktur
Organisasi Porter/ Concierge/ Uniformed Service
Masing-masing organisasi bagian porter/ concierge/ uniformed
service berbeda-beda berdasakan ukuran hotel dan spesifikasi pelayanan dan
pekerjaannya.
a) Concierge:
§ Menjalankan
peraturan di seksi concierge
§ Mengatur
jadwal kerja bawahan
§ Melaksanakan
latihan bagi bawahan
§ Menetapkan
tugas dan tanggung jawab bawahan
§ Menyiapkan
dan memberikan pelayanan kepada tamu (e.g. mail, keys, messages, postage,
paging, tickets, etc.
b) The Ball Captain
§ Mengawasi
kerja bawahan di seksi concierge
§ Melengkapi
informasi (e.g. Maps, airlines/shipping/train/bus timetable, special events,
etc.)
§ Melengkapi:
Errands Control Sheet dan Bell Boy Control Sheet
§ Melaksanakan
inspeksi terhadap kerja bawahan di seksi concierge.
c) Bellboy
§ Memberikan
pelayanan pengangkatan barang tamu tiba , pindah kamar dan berangkat
§ Memberikan
bantuan kepada tamu
§ Mengantar
tamu ke meja pendaftaran
§ Mengantar
tamu ke kamar
§ Melakukan
tugas-tugas suruhan (Running Errands)
§ Menjaga
lobby tetap bersih dan rapi
§ Melaporkan
kejadian-kejadian yang tidak biasa terjadi
§ Menggudangkan/
Menangani Penitipan barang bawaan tamu
d) Doorman
§ Membuka
dan menutup pintu kendaraan/ mobil/ taxi (Helping guests in and out of
taxis/cars)
§ Menjaga
Main Entrance tetap bersih dan rapi
§ Membantu
Car Valet dalam mengatur lalu lintas dan parkir kendaraan di hotel
§ Memanggil
taxi
§ Menaikkan
dan menurunkan bendera
e) Elevator Operator
§ Menoperasikan
lift atau elevator di hotel
§ Mengantar
tamu dengan menggunakan lift
§ Menjaga
lift atau elevator tetap bersih
§ Menjaga
agar petugas lift tetap ada setiap saat
§ Mencegah
dan menghindari orang-orang atau tamu yang tidak dibenarkan mengoperasikan lift
(orang tua, anak-anak, orang cacat, dan wanita hamil)
f)
Pageboy
§ Menyampaikan
pesan tamu dengan berbagai media : paging tray, paging board, paging lamp or
loudspeaker). Dibeberapa hotel, pageboy juga melakukan tugas-tugas
message boy bila tidak ada petugas message boy.
g) Message boy
§ Mengantar
pesan, surat, titipan, internal communication, surat kabar dan lain-lain
h) Courier atau Porter
§ Menjemput
dan mengantar tamu
§ Mengantar
dan mengambil surat dari dan ke Kantor Pos
§ Melakukan
tugas-tugas keluar (membeli tiket, dsb)
i)
Inquiry clerk
§ Menjawab
permintaan-permintaan informasi (memberikan informasi)
§ Mendistribusikan
surat-surat, fax, telegram dan lain-lain
§ Menjual
surat kabar, majalah, tiket teater, tiket hiburan dan sebagainya
j)
Cloakroom Attendant
§ Menjaga
barang-barang milik tamu ditempat penitipan (e.g. hat, coat, umbrella, hand
bag, etc.)
§ Menangani
penitipan barang-barang bawaan milik tamu
§ Menjaga
agar tempat penitipan selalu bersih dan rapi
k) Car Valet
§ Mengatur
lalu lintas dan penempatan kendaran di area parkir hotel
§ Memarkirkan
kendaraan tamu-tamu dan pengunjung hotel
§ Menjaga
keamanan kendaraan tamu-tamu dan pengunjung hotel di area parkir hotel
§ Mencatat
nomor-nomor polisi kendaraan yang masuk dan keluar area parkir hotel
Guest Relation
Officer adalah salah satu jabatan di Front Office yang fungsinya
sebagai perantara atau jembatan antara tamu dengan pihak hotel, oleh sebab itu GRO membutuhkan
sesorang yang mampu berkomunikasi dan berhubungan baik dengan semua orang.
Sebuah Guest
Relations Officer atau GRO bertanggung jawab atas penanganan front office dalam
segala aspeknya baik dalam sebuah hotel, motel, pondok, penginapan atau kantor
bisnis lainnya yang membutuhkan posisi mereka. Seorang petugas hubungan tamu
adalah frontliner pendirian usaha tersebut.
seorang tamu
Hotel petugas hubungan (GRO) berada di garis depan layanan pelanggan. Dia
adalah salah satu pekerja hotel pertama untuk menyambut tamu ketika mereka
tiba. Para GRO menyediakan tamu hotel dengan di atas dan luar layanan untuk
memastikan pengalaman mereka akan perlu diingat. Posisi memastikan bahwa tamu
bahagia dari saat mereka masuk ke hotel sampai mereka pergi. Kadang-kadang, ia
terus memberikan layanan pelanggan yang unggul setelah tamu sudah lama berlalu.
Tugas dan Tanggung Jawab
- Membaca log book.
·
Memeriksa daftar tamu yang akan datang hari ini (today
Expected arrival guest).
·
Membuat VIP daily list.
·
Menyiapkan VIP complimentary order.
·
Mempersiapkan kamar untuk tamu VIP.
·
Menyesuaikan data yang ada di VIP list dengan data
pada information rack dan room rack.
·
Memeriksa tanggal kelahiran tamu untuk diberikan birthday
cake.
·
Mengisi check list GRO.
·
Menangani kedatangan tamu VIP (pendaftaran di kamar).
·
Menyapa kepada semua tamu.
·
Menangani keluhan tamu.
·
Memeriksa pemesanan kamar untuk VIP besok.
·
Beramah tamah dengan tamu.
·
Menyambut kedatangan tamu rombongan.
Sedangkan tugas
yang dilakukan secara periodik yaitu:
·
Membuat VIP resident guest list (3 hari sekali).
·
Membuat daftar long staying guest (2 minggu
sekali).
·
Membuat daftar long staying guest pada setiap
minggu. terakhir untuk
diundang oleh manajemen dalam acara happy hours.
·
Membuat monthly report (sebulan sekali).
·
Membuat laporan guest questionary report (sebulan
sekali).
Selain melakukan tugas harian ataupun periodik, GRO juga
mempunyai tugas-tugas yang dilakukan secara insidensial yaitu tugas yang
dilakukan apabila tamu membutuhkan layanan tersebut, tugasnya antara lain:
·
Memastikan
tiket pesawat tamu/reconfirmed airlines ticket.
·
Pemesanan tiket
pesawat.
·
Melakukan table
manner.
·
Menyambut tamu
rombongan.
·
Mengantar tamu
negara yang akan makan di restoran.
Dalam
melaksanakan tugas-tugasnya GRO akan berhubungan atau bekerjasama dengan bagian
lain, kerjasama ini antar lain dengan bagian:
- Hubungan dengan bagian Housekeeping dalam hal mempersiapkan & pengiriman bunga untuk tamu VIP
- Hubungan dengan bagian Room Service dalam hal mempersiapkan & mengirim buah atau kue ulang tahun untuk tamu VIP, long staying ataupun tamu yang berulangtahun.
- Hubungan dengan bagian Engineering dalam hal memperbaiki kamar tamu
- Hubungan dengan bagian Sekretaris GM dalam hal mempersiapkan welcome letter yang ditandatangani oleh GM.
- Hubungan dengan bagian Bar dalam hal mempersiapkan welcome drink.
- Hubungan dengan bagian Public relation dalam hal mendokumentasikan kedatangan tamu penting.
Tugas
seorang Chief Guest Relations
- Jenis pekerjaan sangat penting sebagai tamu hubungan petugas merupakan hotel di mana dengan cara bagaimana ia tidak karyanya akan mencerminkan apa jenis hotel atau pembentukan pelanggan telah mengalami secara keseluruhan.
- Salah satu tugas dari Guest Relations Officer adalah untuk menyambut tamu ke dalam pendirian usaha, untuk sebuah hotel, sambutan hangat dibuat pasti akan diberikan. Mereka memastikan bahwa tamu mereka puas dengan layanan mereka setiap saat. Ketika VIP check-in, ia mengawal mereka ke kamar mereka dan menawarkan mereka fasilitas yang mereka mungkin ingin memanfaatkan.
- Guest Relations Officer bertugas untuk mempromosikan hotel mereka atau pendirian usaha. Dia menyajikan kepada para tamu apa fasilitas hotel harus membuat mereka tetap tak terlupakan banyak. Dia menentukan bahwa tamu puas dan mempertahankan kepuasan mereka sepanjang waktu mereka di dalam hotel.
- Sebuah Guest Relations Officer harus mampu mendengarkan keluhan yang mungkin timbul dari para tamu. Dia harus tetap tenang dan terdiri sepanjang waktu dan merespon secara positif terhadap tamu yang standar tidak terpenuhi.
- Sebuah Guest Relations Officer membantu para tamu dalam kebutuhan perjalanan mereka, seperti wisata mereka dapat menikmati, di mana untuk makan, berbelanja atau menyewa mobil di antara pengaturan lain bahwa tamu mungkin keinginan untuk membantu dengan.
0 komentar:
Posting Komentar